Bakti Sosial dan Tabligh Akbar Dalam Rangka Tahun Baru Islam 1442 H

Bakti Sosial dan Tabligh Akbar Dalam Rangka Tahun Baru Islam 1442 H


  • Kebutuhan dana : Rp. 75,000,000.00
  • Dana terkumpul : Rp. 73,300,000.00
  • Progress : 97.73%
  • Jumlah donatur : 156
No Nama Jumlah Donasi
No Nama Jumlah Donasi

Perkembangan

Laporan atau perkembangan dari kampanye Bakti Sosial dan Tabligh Akbar Dalam Rangka Tahun Baru Islam 1442 H
 
 
 
 
 
Aug. 23, 2020

Press Release dan Laporan Kegiatan


Ayopeduli.id, CIDAUN - Memperingati Tahun Baru Islam 1442 H, Yayasan Amanah Peduli Ummat (YAPU) kembali menyalurkan bakti sosial dan tabligh akbar. Kali ini paket bantuan sosial diberikan kepada 50 orang guru ngaji, 120 orang anak yatim, dan 203 paket sembako untuk dhuafa.

Pembagian sekaligus tabligh akbar diselenggarakan pada Kamis (20/8/2020) atau bertepatan dengan 1 Muharram 1442 H di Masjid Besar Al-Huda, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur. Total donasi yang terkumpul sebanyak Rp72.350.000 yang diterima dari 157 orang aghniya.

Ketua Umum YAPU Cartono menuturkan agenda bakti sosial dan tabligh akbar ini merupakan hal rutin yang dilakukan di berbagai daerah guna memperingati berbagai hari keagamaan.

"Alhamdulillah, jumlah santunan dari para donatur 120 untuk yatim piatu, 50 untuk guru ngaji, 203 untuk fakir miskin dhuafa. Kenapa sasaran mereka, karena meraka inilah amanah Rasulullah SAW," ungkapnya, di sela kegiatan, Kamis (20/8/2020).

Dia menyebut terkait sumber dana, secara prinsip YAPU berupaya memanfaatkan ruang kosong sekaligus menciptakan ruang kosong. Artinya, banyak masyarakat yang ingin bersedekah tetapi tidak tahu menitipkan amanahnya kemana, dan YAPU hadir mengisi ruang kosong tersebut.

Di sisi lain, YAPU hadir menyalurkan amanah-amanah tersebut ke berbagai daerah guna menciptakan ruang kosong baru, menjadi stimulus bagi aghniya di daerah untuk turut menyalurkan sedekahnya ke orang-orang terdekat di wilayahnya.

"Jangan sampai sudah diberi amanah harta, rizki lapang, kelak ada penyesalan tidak bersedekah, YAPU hadir mengisi ruang kosong itu, kemudian menciptakan ruang kosong," katanya.

Adapun kegiatan tabligh akbar tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 karena pelaksanaannya masih dalam masa pandemi. Peserta dicek suhu tubuhnya, menggunakan hand sanitizer dan diberikan masker gratis jika tidak menggunakannya sejak dari rumah.

Camat Cidaun Herlan Iskandar berterima kasih kepada jajaran YAPU, Bandung dan para donatur yang telah memberikan stimulus kepada warga masyarakat Cidaun.

"Bantuan kepada anak yatim, guru ngaji, sembako fakir miskin, mudah-mudahan ini jadi stimulus bagi kami di keseharian ke depannya dapat melaksanakan bantuan-bantuan tersebut, ini menjadi stimulus," terangnya.

Dia berharap ke depannya, pihak pemerintahan Cidaun dapat mengikuti langkah yang dilakukan YAPU guna menyalurkan infaq dan sedekah dari aghniya di daerahnya kepada warga yang membutuhkan.

"Kalau di YAPU sudah terorganisir, kami terorganisirnya masih di dalam-dalam masjid. Mudah-mudahan kami juga di tingkat kecamatan masyarakat Cidaun, bisa menyalurkan infaq kepada yang membutuhkan tadi," ungkapnya.

Adapun tabligh akbar mengundang penceramah Tubagus Hidayatullah yang merupakan bagian dari Dinas Pembinaan Mental Daerah Militer (Bintaldam) III Siliwangi.

Dia mengingatkan pentingnya mengamalkan surat Al-Ma'un (barang-barang yang berguna) mengenai pentingnya memberi makan orang miskin, memelihara anak yatim, serta celakanya orang yang melaksanakan shalat tetapi tidak memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan dan berbuat riya.

Diingatkan pula agar warga masyarakat tetap menjalankan aktivitasnya di tengah pandemi Covid-19, tetap menjalankan protokol kesehatan dan mendekatkan diri berlindung kepada Allah SWT yang Maha Gaib dari virus yang tak kasat mata.

 
 
 
 
 
Aug. 23, 2020

Dokumentasi Kegiatan


  • None